Home » » Tuning Gitar Ala blog-lirik

Tuning Gitar Ala blog-lirik

Written By Bey Country on 1 Jan 2013 | 01.00

Gitar Yang Dipakai Muse
Haduh... postingan ini sebelumnya berjudul CARA TUNING GITAR SESUAI SELERA tapi gak sengaja ke hapus. Ya udahlah bikin posting baru lagi aja pake judul Tuning Gitar ala blog-lirik dengan isi yang sama...

Artikel ini terinspirasi ketika blog-lirik melihat temen yang lagi main gitar tapi suara gitarnya fals/sumbang terus dia gak bisa tuning sendiri... hahaha... Lucu aja bisa main gitar tapi kok gak bisa tuning gitar sendiri sungguh terlalu (pengalaman sendiri waktu belajar main gitar tapi gak bisa nyetem). Nah biar blog-lirik gak lupa cara tuning gitar, gak ada salahnya blog-lirik sharing aja tipsnya disini, kali aja ada yang masih belum tahu... hahaha...

Tuning gitar itu perlu agar suara yang dihasilkan harmonis / tidak sumbang / fals yang dapat menyebabkan kamu ditimpukin sendal (kalau dia pake sendal) / diteriakin berisik sama orang yang mendengarnya karena suaranya bisa bikin rusak telinga dan perut mules berkepanjangan. Nah biar kamu mainnya tenang dan orang yang mendengarnya pun senang (kalau kamu gak berisik banget) blog-lirik akan coba jelasin macam-macam cara tuning / stel / stem gitar versi blog-lirik.

Cara yang pertama hanya mengandalkan pendengaran (telinga).

1. Oke langsung aja kamu kencengin dulu deh senar no 1 pelan-pelan aja jangan sampe putus terus coba kamu petik tanpa di tekan dan akan terdengar nada E (ngawur).

2. Senar no 2 di tekan di fret ke 5 terus suaranya harus sama dengan senar no 1 tanpa di tekan dan akan terdengar nada E (ngawur) ketika di petik bersamaan.

3. Senar no 3 di tekan di fret ke 4 terus suaranya harus sama dengan senar no 2 tanpa di tekan dan akan terdengar nada B (ngawur) ketika di petik bersamaan.

4. Senar no 4 di tekan di fret ke 5 terus suaranya harus sama dengan senar no 3 tanpa di tekan dan akan terdengar nada G (ngawur) ketika di petik bersamaan.

5. Senar no 5 di tekan di fret ke 5 terus suaranya harus sama dengan senar no 4 tanpa di tekan dan akan terdengar nada D (ngawur) ketika di petik bersamaan.

6. Senar no 6 di tekan di fret ke 5 terus suaranya harus sama dengan senar no 5 tanpa di tekan dan akan terdengar nada A (ngawur) ketika di petik bersamaan.

Nada di atas blog-lirik kasih nama ngawur karena nada yang dihasilkan hanya mengandalkan pendengaran saja sedangkan nada yang sebenarnya atau istilahnya setelan internasional berpatokan pada nada yang dipakai umum. Misalnya lagu Muse - Unintended chord aslinya di E.

Karena gitarnya udah kamu tuning / stel / stem tadi coba aja kamu mainin nada E sambil putar lagu Muse - Unintended sama gak nadanya? kalau gak sama yah wajar namanya juga ngawur tapi kan yang penting suara gitar kamu udah gak fals / sumbang lagi, bener gak?... hahaha...

Cara yang kedua dengan mengandalkan alat tuning gitar.

Cara ini juga cara yang mudah tapi harus sedikit modal karena kamu harus punya alatnya atau bisa juga stel di efek digital yang ada tuning gitarnya. Mereknya apa? blog-lirik lupa, tapi gampang kok tinggal kamu tuning aja senarnya nanti nada yang dihasilkan senar yang kamu petik akan ditampilkan di display efek digital. Daripada nanti di sangka sok tahu ya udahlah blog-lirik gak akan bahas itu lebih jauh lagi karena gak punya alatnya takut salah.

Cara yang ketiga berpatokan pada lagu favorit yang kamu hafal chordnya.

Nah inilah cara yang paling sering blog-lirik praktekin karena lebih enak aja gitu, gratis dan gak perlu modal. Kalau kamu udah praktekin tips yang di atas pasti lebih mudah lagi. Tinggal kamu putar saja lagu favoritmu lewat komputer atau hp tapi yang kamu hafal chordnya. Contoh lagu Padi - Semua Tak Sama itu kan chordnya dari C-Am-Em-G. Gitarnya tinggal kamu tuning lagi aja biar nadanya sama.

Kalau udah sama itu artinya setelan gitar kamu udah internasional dan kamu akan lebih gampang lagi kalau misalnya mau ngulik lagu lain. Coba aja kalau gak percaya. Tapi gak semua gitar kuat kalau pake setelan internasional karena dulu gitar akustik blog-lirik juga sampe cekung, keras dan retak gara-gara ngikut setelan internasional terus gak dipake lagi deh.

Untungnya blog-lirik nemu gitar tua di tempat paman yang gak di pakai, ya udahlah langsung embat aja daripada jadi sarang spiderman... Tapi yang bikin aneh gitar tua yang blog-lirik pinjam malah lebih enak dan kuat dari segi bahan padahal senar yang blog-lirik pakai cuma senar 'cap segitiga'.

Emang sepertinya gitar-gitar produksi sekarang bahannya terkesan ngasal yang penting finisingnya bagus terutama untuk gitar akustik harga dibawah 500 ribuan wedewwww itu tripleknya tipis amat apalagi yang 100 ribuan udah tipis, ringan pula kek bawa kapas. Waktu coba di tuning standar internasional itu gitar udah kek mau ambrol, tempat buat masukin senar yang dibelakangnya itu ikut ngangkat jadi jarak dari senar ke fretnya terlalu renggang dan ini gak enak banget kalau dimainin soalnya senarnya jadi keras dan bikin sakit jari tangan.

Saran blog-lirik kalau kamu mau beli gitar akustik mending yang 500 ribuan ke atas lah biar gak nyesel, itung-itung jajan awet. Terus cari yang setang gitarnya lurus jangan yang cekung. Untuk fretnya pilih yang warna kuning aja lebih bagus, terus bahannya dari kuningan kalau gak salah, kebanyakan gitar tua juga begitu dan masih awet sampe sekarang.

Jangan lupa di coba-coba dulu sebelum membeli cari yang paling enak dan nyaman di pegang setangnya karena kalau gitar yang pake senar nylon biasanya setangnya agak lebar. Kamu coba dulu beberapa gitar dengan memainkan beberapa chord misalnya C-D-G dsb tapi kamu harus tuning dulu gitarnya seperti cara di atas karena tiap gitar berbeda-beda karakter suaranya walaupun tipenya sama-sama gitar akustik.

Gitar Yang Dipakai Muse2
Tuning gitar asal genjreng udah, tuning gitar internasional juga udah, berarti sekarang tinggal tuning gitar aneh lainnya... loh kok masih ada cara lain sih? ya ada dong namanya juga di ulik... Pernah denger lagu-lagu Avenged Sevenfold atau lagu-lagu band metal lainnya? nah setelan gitar mereka itu berdeda dan tidak standar, karena setelan gitar yang mereka pakai senar no 6 nya diturunkan 1 nada atau istilahnya drop D.

Caranya senar no 6 di tekan di fret / grip gitar ke 7 terus suaranya harus sama dengan senar nomer 4 tanpa di tekan tapi senar yang lainnya jangan di setel lagi yah biarkan aja standar karena yang diturunkan hanya senar no 6 saja sebanyak 1 nada.

Sepertinya setelan gitar seperti ini emang udah jadi patokan band-band beraliran metal karena lebih mudah memainkan chord gantung tinggal di tekan dengan 1 jari untuk pindah-pindah chord, berbeda jika setelan gitar standar harus 2-3 jari dan lebih enaknya lagi untuk memainkan chord D tinggal di lepas aja senarnya tanpa harus di tekan. Contohnya seperti lagu Avenged Sevenfold - Seize The Day atau Muse - New Born.

Gimana udah puas belum? atau masih kurang? tenang aja masih ada lagi nih cara tuning lainnya. Tuning gitar yang ini sebenarnya blog-lirik temukan tidak sengaja ketika iseng-iseng main gitar lagu Guns N' Roses - Sweet Child O Mine yang setahu blog-lirik chordnya D-C-G tapi anehnya gak nyambung... waduhhh jadi bingung sendiri deh.

Setelah ketemu ternyata semua lagu Guns N' Roses yang blog-lirik putar di player nadanya emang kurang setengah jadi bukan di D lagi tapi di C# (blog-lirik coba cari nada bassnya dulu biar gampang). Karena kalau main di C# kurang hafal kalau pindah chordnya jadi pilihannya cuma ada 2.

Tuning gitar lagi biar sama dengan menurunkan semua senar sebanyak 1/2 nada. Caranya dengan menekan senar no 2 di fret ke 4 kemudian kamu petik senar no 1 dan 2 bersamaan dan suara senar no 1 harus sama dengan senar no 2. Untuk senar no 3, 4, 5 dan 6 caranya hampir sama dengan cara yang di atas atau tinggal menaikkan picth control sebanyak 1/2 nada di player aimp2 beres deh... hahaha... tapi malah jadi aneh suaranya seperti dipaksakan tapi gak masalah yang penting bisa ngulik.

Contoh lagu lainnya coba kamu mainkan lagu Avenged Sevenfold - A Little Piece Of Heaven atau Scream pasti beda nadanya dengan lagu Avenged Sevenfold - Seize The Day karena di 2 lagu itu mereka menurunkan semua senar sebanyak 1/2 nada kecuali senar no 6 sebanyak 1 1/2 jika berpatokan ke tuning internasional.

Nah sebenarnya cara tuning gitar yang udah blog-lirik jelaskan seperti di atas itu hanya sebagian aja. Kalau kamu niat ngulik lagi sebenarnya masih bisa dikembangkan lagi tuning gitar sesuai selera yang kamu mau. Misalnya gitar kamu pakai tuning internasional tapi vokalis kamu gak kuat karena nadanya ketinggian, terus kamu males banget kalau harus cari chordnya lagi, jadi kamu harus ngalah dan tuning gitar lagi. (cara yang biasa blog-lirik lakukan)

Kamu mau turunin 1/2 atau 1 nada terserah aja yang penting jangan sampai dibawah 2 nada dan patokkannya adalah hasil dari tuning gitar internasional yang tadi udah kamu praktekkin. Oh iyah... kalau kamu mau player musik yang blog-lirik pakai silahkan kamu sedot gratis kok. Segitu dulu aja yang blog-lirik bisa share, lain waktu kalau ada ide lagi pasti blog-lirik posting disini... Silahkan dicoba dan semoga berguna... yooohooooo...

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Saya hanyalah manusia biasa yang suka mendadak lapar, paling seneng sama musik dan otomotif.
 
Support : Kosong | Kosong | Kosong
Copyright © 2012-2014. Bey Country - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger